Mencintai Rasul = Melaksanakan Sunnah-nya

Assalamualaikum wr.wb
Sunnah Nabi MuhammadSebelumnya,penulis mau bertanya terlebih dahulu kepada Antum. Berapa banyak sunnah-sunnah Nabi yaang Antum ketahui?? Tentu saja ada banyak sunnah Nabi , namun hanya beberapa yang kita ketahui, setidaknya yang penulis sendiri ketahui masihlah sedikit. Sesedikit apapun Sunnah nabi yang kita ketahui ,namun sebisa mungkin kita amalkan. Karena Sunnah nabi merupakan salah satu pegangan hidup yang di wariskan Nabi Muhammad selain Al-Qur'an. 

Namun kenyataanya di masyarakat akhir-akhir ini malah berlawanan, semakin banyak masyarakat yang mulai meninggalkan sunnah Nabi. Apakah ini ada hubungannya dengan pengaruh globalisasi??

Setidaknya ada 7 Sunnah Nabi yang mulai ditinggalkan oleh Masyarakat Muslim , 
1. Sholat Tahajjud Malam Hari
 Shollat Tahajud termasuk dalam sholat malam yang mulia. Nabi Muhammad sering menjalankan sholat tahajjud. Shollat tahajjud emiliki banyak manfaat . Namun dilingkungan penulis sendiri ,yang biasa menjalankan shollat penuh berkah ini adalah orang-orang sepuh (Orang yang sudah tua) . Mungin karena itu adalah sifat dasar manusia  , melakuan sholat tahajud malam hari hanya jika ada maunya :D . Semoga kita sebagai pelajar SMA yang berpendidikan , mengetahui berbagai manfaaat sholat tahajjud, dan mau  mengamalkannya. 

2. Jangan Tinggalkan Masjid Terutama Waktu Sholat Subuh
Sholat subuh , bagi penulis adalah sholat pembuka Hari. Rasanya kurang afdol jika tidak diawali dengan Sholat Subuh. Nah, menurut sunnah Nabi ini, kita seharusnya tetap diam di masjid untuk menjalankan Sholat Subuh. Penulis yakin, bahwa Antum seringnya sholat subbuh di rumah. Betul apa Betul?? hhaaha, ,kita samma. :D

3. Baca Al-Qur'an  Sebelum Matahari Terbit
Membaca Al-Qur'an merupakan sunnah Nabi. Namun sekarang masih jarang saja umat muslim yang mau membaca Al-Qur'an, apalagi membaca AL-Qur'an pada waktu sebelum matahari terbit sebagaimana sunnah Nabi. Jangan-jangan, hobi Antum malah suka buka-buka Facebook ya?? hhaaha, ,tidak apa-apa, tapi mari kita coba sekali-kali baca Al-Qur'an dirumah. Karena itu adalah sunnah Nabi, semoga Syafaat Nabi kelak bisa kita dapatkan. Amin 

4. Jangan TInggalkan Sholat Dhuha
Jangan tinggalkan sholat dhuha, karena sumber rezeky dari Allah adalah dengan SHolat Dhuha. Hal ini benar adanya. Sudah banyak orang-orang sukses yang mengaku sering mengamalkan sunnah nabi yang satu ini. Sholat Sunah dilakukan pada waktu siang hari sebelum masuknya waktu sholat dhuhur. 

5. Jaga Wudlu Demi Kesucian Untuk Allah
Berwudlu bertujuan untuk mensucikan diri dari hadast kecil. Meskipun begitu, Allah memberikan bonus lebih kepada hambanya yang senantiasa berwudlu. Menurut penelitian Ilmiah, berwudlu memiliki keutamaan dan manfaat positif bagi tubuh manusia. Berwudlu dapat membersihkan kulit mati dari permukaan tubuh manusia, terutama di bagian muka,kaki dan tangan. Selain itu,berwudlu memberikan kesician bagi kita. Kesucian adalah sebagian dari kebersihan, dan kebersihan adalah sebagian dari iman. Coba bayangkan jika kita meninggal / berpulang kerumah Allah dalam keadaan tidak suci ?? Toh kita tidak tahu kapan kita akan berpulang kerumah-Nya.  Jadi kita sebagai hamba-Nya, hanya bisa berjaga-jaga mencusikan diri untuk berpulang ke rumah-Nya. Semoga kita kelak akan berpulang dalam keadaan Suci.

6. Shodaqoh Setiap Harinya
Antum tidak akan jatuh miskin karena beramal Shodaqoh. Sewaktu hidupnya sendiri, Nabi Muhammad sering bershodaqoh semasa hidupnya. Pernah dikisahkan waktu Nabi Muhammad bershodaqoh kepada pengemis buta. Diakhir kisahnya, Pengemis buta itu masuk Islam karena kedermawannan dan kebaikan Nabi Muhammad bershadaqoh. 

7. Ber-Istighfar Setiap Saat.
Istighfar adalah memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang pernah dilakukan,baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Ber-istighfar setiap waktu,dapat menjauhkan kita dari musibah akibat dosa yang pernah kita lakukan. Jika kita benar-benar mau mengamalkan ber istighfar setiap saat ini, InsyaAllah hidup kita akan senantiasa tentram. Amin Allahua Amin. 

Sekian dari penulis, semoga bermanfaat bagi Antum dan kita semua. 
Wassalamualaikum wr.wb

Posting Komentar

Blog ini jelek tapi komentarnya bagus

 

Copyright © 2011 Media Online Rohis SMAN 1 Pati | Powered by Blogger | Sedikit Meniru 54BLOGGER